Sunday, May 29, 2016


Pertama-tama mari mengucapkan salam terlebih dahulu.
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Jadi.
Apa kabar?
Terlalu banyak kata yang terlewat dan rindu yang diabaikan sejak lama.
Terakhir kali bikin postingan ternyata Juli 2015.
Dan sekarang tanggalan sudah menunjukkan akhir bulan Mei 2016.
Where have you been, Fir?


Aku bingung harus memulai dari mana.
Terlalu banyak hal yang terjadi sejak postingan terakhirku. Good and bad.

Juga.
Banyak hal yang tidak ingin ku bahas karena aku sangat tidak ingin mengulangi memori ataupun seinci kenangan dari hal tersebut. Bukan, bukan karena belum ikhlas, tetapi biarlah hal itu menjadi milik masa lalu yang tak perlu diungkit.

Intinya.
Postingan ini.
Ingin bercerita tentang hari-hari belakangan ini. 2 minggu ini khususnya.
Banyak yang komentar aku terlihat tidak semangat. Well I felt the same.
Someone said aku menjadi malas. Yes true.
Aku sangat ngantukan dan ga bisa fokus kuliah. Absolutely right.
Dan banyak tertimpa musibah.

My mom said.
Setiap apa pun yang terjadi, pasti tidak lepas dari skenario Allah. Ia memberikan suatu ujian pasti ada hal yang ingin Ia berikan pelajaran. Mungkin ibadah kita kurang tepat waktu, mungkin kurang sodaqoh. Allah masih sayang.

And she also said if belum tentu apa yang menurut kita kemudahan dan dipatkan orang lain sekarang itu adalah sebuah kebaikan juga untuk masa depan, karena ujian saat ini mungkin akan membuat kita berjuang dan mendapatkan kemudahan untuk masa depan.

Aku salah seorang yang meyakini betul bahwa tak ada suatu hal pun yang terjadi di dunia ini tanpa campur tangan Allah. Bahkan keburukan yang kita lakukan pun. Ya, semua ada kuasa-Nya. Maka jika aku tertimpa musibah, seberat apapun, aku akan mengembalikan semua kepada-Nya.

Tetapi.
Tidak bisa semudah itu percaya bahwa Allah berikan kemampuan dan bakat yang berbeda-beda kepada setiap manusia.

Aku selalu iri kepada mereka yang bisa dengan mudah memahami dan cepat menghafal materi kuliah, yang sanggup mengerjakan ujian tanpa bantuan dari siapapun, yang mendapatkan nilai bagus saat ujian. But my mom said, it was just a score, tidak menentukan kesuksesan masa depanmu. Tapi sekali lagi bagiku tidak sesimpel itu.

Buat yang sudah lulus ataupun sedang kuliah tahun-tahun terakhir.
Pernahkah kalian merasa sangat jenuh dan merasa sulit untuk melanjutkan perjuanganmu saat ini?
I'm in that phase.
Melihat teman-teman yang mungkin saat diskusi tidak seberapa aktif, atau saat praktikum mendapat hasil yang lebih buruk dari aku, atau yang saat diberi tugas kelompok malah mengabaikan tanggung jawabnya dan mengentengkan tidak mau inisiatif hanya untuk sekedar bertanya atau memulai. Dan mereka mendapat nilai bagus saat ujian????

Lately aku sering berfikir apakah aku berada di dunia yang salah, dunia yang menjebakku dalam lingkaran fenomena hafalan dan nilai, yang selalu kubenci sejak dulu.
Kemudian aku merasa lemah dan down. Walaupun seharusnya itu menjadi semangat untuk bangkit.
But hey,  I'm really sorry to say that I'm tired.
Tapi kata timeline di line, jangan pernah mengeluh kepada siapapun karena tidak ada dari mereka yang akan peduli dengan masalahmu.

I will face final examination just in 2 weeks from now but I'm not yet preparing anything. Really, I blame my self for getting to much overthinking.

Terlepas dari masalah kuliah.
Baru saja aku tertimpa musibah yang cukup membuat trauma. Mungkin setelah ini aku memilih tidak akan pernah meminjam barang orang lain atau menyanggupi untuk dipinjami barang orang lain. Lebih baik aku sakit daripada harus meminjam. Mungkin seperti itu.
Dan akan berusaha lebih menjadi pendiam dan berbicara seperlunya supaya lebih sedikit hati yang tersakiti.

Someone said, rasa sakit hati diri sendiri lebih mudah di manajemen daripada rasa sakit hati orang lain akibat kita.

Akhir-akhir ini. Aku sering bertemu teman-teman SMA dan memang sejak dulu saya selalu berusaha menyempatkan waktu untuk sekedar berkumpul dan berbincang. Tapi mungkin tidak lagi. Karena setiap berkumpul, yang rasanya didapatkan sepertinya hanya sebuah pergunjingan dan ghibah. Walaupun mungkin benar. Tetapi kata seseorang, jangan pernah percaya jika tidak ada bukti yang kau lihat sendiri, yes, evidence based. Udah kayak modul 1 aja.

I really appreciate someone yang dulu tidak ada apa-apanya dan sekarang menjadi serba apa-apa. Ya mungkin memang dia punya kekurangan, tapi toh siapa di dunia ini yang tidak punya kekurangan sama sekali? atau keburukan masa lalu yang saat ini berusaha ia ubah dan tutupi, but once again, siapa yang ngga punya masa lalu yang ingin ditutupi?
Mungkin dia sudah berubah dan menjadi lebih baik. At least, dia berusaha untuk mewujudkan keinginannya dengan ambisius dan dia sanggup membuktikan kepada orang-orang yang meragukannya.

Intinya, kumpul sama temen lama itu baik kalo saling berbagi kebaikan dan memotivasi untuk menjadi lebih baik, tapi kalo jadi mengungkit keburukan masa lalu dan di setiap forum dengan teman lama bahasannya selalu sama, siapa yang ngga males lama-lama? Mungkin aku yang harus lebih mengontrol ini.

Well.
Postingan kali ini mungkin harus berhenti sampai disini aja curhatannya.
Terlalu asyik menulis blog tidak baik, harusnya aku asyik menulis proposal skripsi.
Ea.
Doakan ya bloggie, Fira sedang menyusun proposal skripsi, doakan semoga lancar karena lagi-lagi dari kemarin selalu menemui masalah :(

Ciao!
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

6 comments:

  1. Hai Fira! :))) iseng buka blog terus baca tulisanmu!

    believe me I know, semakin kesini ngga ada yang semakin mudah hehe aku juga pernah sih yang udah stuck banget, which is semester 7 yang waktunya semangat-semangatnya ngerjain skripsi tapi aku susahnya subhanallah buat nemu motivasi :" sampe aku jadi salah satu orang yang sidang di hari-hari terakhir batas akhir banget dari deadline.

    down berkali-kali, bingung, and I felt so lost. things just seem not going well for me at all.

    but yea.. as cliche as it seems.. it won't last forever. the good and the bad, they will pass. this too, shall, pass dear Firaaaaaaa <3

    tetep semangat yaaa!!! things are going to be better, maybe not today, not next week or even next month, but they will be.. I'm sure they will :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh my God mba Rina! aku kira ga ada yang bakal baca semua ini hahaha.
      lama sekali tidak pernah berjumpa apalagi semenjak masuk coass ya :') bahkan aku kemarin ngga sempat ke wisuda mba rina, maafin aku :')

      yes mba, amin amin terimakasih..
      semoga mba rina juga selalu semangat yaaa!

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. fiiirrrr im reading ur blog too! remember me gak fir ???? aku kira cuma aku aja yang masih suka buka2 blog :''))))) wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun bet masih inget dong hehe. kamu apa kabar? aku udah jarang posting di blog ini sebenernya. terharu banget masih ada yang baca!

      kamu apa kabar?

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete