Saturday, July 14, 2012

Hujan Itu Mendatangkan Cinta

 http://photo.goodreads.com/books/1273927535l/8207143.jpg
 Resensi Novel "Rain Affair"

Pengarang             : Clara Canceriana
Penerbit         : Gagas Media
Tahun terbit      :   2010             
Tebal buku        : 342 halaman  
Ukuran buku    : 13 x 19 cm   
Harga buku        : 34.500           

              Lea tak pernah mau mempercayai hatinya sendiri. Ia tahu bahwa Noah tak sungguh-sungguh mencintainya. Yang dicintai Noah adalah kakaknya, Rissa. Tapi Lea selalu menyangkal, ia selalu selalu berusaha meyakinkan hatinya bahwa ia jatuh cinta kepada Noah, ia mempercayai Noah. Lea tak pernah sadar bahwa ia telah membohongi dirinya sendiri.
             Suatu hari, Nathan akan menuju apertemen barunya dengan keadaan basah kuyup karena hujan yang mengguyurnya dalam perjalanan dari Bandung menuju Jakarta.  Ia melihat sebuah tatapan sendu, sedang berteduh dari hujan yang deras. Terlintas dalam benak Nathan akan kejadian setahun lalu. Ya. Ia sangat yakin, gadis ini adalah sesosok gadis manis yang ditemuinya tanpa sengaja saat ia hendak menjenguk temannya di rumah sakit sewaktu ia masih tinggal di Bandung.
              Nathan sangat terkejut, tatapan matanya tak bisa menahan untuk tidak memandangi paras manis gadis di depannya. Ia sangat yakin, inilah gadis dalam rinai hujan itu. Teman kerja Nathan memperkenalkan gadis itu kepadanya. Namanya Lea. Betapa sempit dunia ini, ternyata Lea adalah pacar teman kerja Nathan, yang tak lain adalah Noah. Nathan tak sanggup menahan rasa bahagia saat kulit halus tangan Lea bersentuhan dengan telapak tangannya. Hujan kala itu telah membuatnya jatuh cinta. Nathan yakin, Lea tak mengingat wajahnya. Kenangan hujan itu memang hanya untuk dirinya. Sejak saat itu mereka berteman baik dan akrab.
              Tetapi semuanya tidak sesederhana itu. Rissa, kakak Lea ternyata akan menikah dengan Fadi, teman kantor Lea yang ditaksir oleh Audrey, sahabat Lea. Semuanya menjadi begitu berantakan dalam hidup Lea. Noah tidak pernah ada disampingnya, Noah selalu sibuk dengan semua urusan pekerjaannya. Bahkan Noah rela meninggalkannya yang tergeletak lemas di rumah sakit hanya karena klien Noah meminta bertemu mendadak. Betapa perih hati Lea.
Di sisi lain, Nathan yang berada di garis luar, diam-diam memperhatikan semua gerak-gerik kehidupan Lea, meskipun dirinya selalu berada di seberang hati Lea. Hingga akhirnya kebenaran yang selama ini bersembunyi di balik kebohongan sikap Noah itu terkuak. Nathan tidak bisa tinggal diam. Bagaimana pun, ia merasa sakit saat mengetahui bahwa Noah sudah menyia-nyiakan Lea.
***
            Novel terbitan Gagas Media ini mengisahkan tentang suatu cinta segitiga yang cukup pelik. Perjuangan melelahkan seorang gadis lemah yang mencintai seorang pria bertempramen keras. Pada akhirnya, ia harus rela melepaskan orang terkasihnya dan harus menggantinya dengan cinta yang lain. Novel ini mengungkapkan bagaimana suatu kebohongan itu terbungkus rapi, semua dusta yang ada di dalam dunia, suatu saat tak akan mampu disembunyikan lagi.
              Clara Canceriana menuliskan Rain Affair dengan penuh perasaan. Clara selalu melibatkan kasih dalam setiap untaian kata-kata yang tercipta dalam novel ini. Menggambarkan berbagai ekspresi dalam noktah-noktah tulisannya. Ia seorang penulis blogger aktif sejak April 2008. Clara sangat mencintai suasana rumah, pengetahuannya akan design interior dan furniture banyak memberikan sentuhan di dalam novelnya.  Clara mendapatkan inspirasi atas tulisan-tulisannya ini berdasarkan apa yang ia alami, begitulah yang tertulis dalam blognya. “all story based on any things that happened around me. ..., and this is my world!” (http://duniakura2.blogspot.com/)
              Rangkaian kisah yang tertulis dalam novel ini ditampilkan dengan konflik yang menarik. Penulis tidak memunculkan konflik yang monoton atau datar, selalu ada hal yang menarik dalam setiap momennya. Kata-kata sederhana yang digunakan penulis membuat pembaca dapat memahami maksud yang ingin ditampilkan oleh novel ini. Penulis pun mampu mendeskripsikan suasana yang terdapat dalam novel secara apik. Ia selalu menggambarkan dengan detil setiap tempat maupun kejadian yang terjadi. Karakter tiap tokoh yang terbangun dalam novel ini pun sangat kuat. Hal ini membuat pembaca terkadang ikut terbawa alur cerita, ikut merasakan kebahagiaan, kekesalan, ataupun kesedihan dari setiap tokoh yang ada. Covernya yang manis dan judul yang menarik juga membuat pembaca tak ingin melewatkan cerita yang ada di balik cover tersebut.
           Di samping banyak hal menakjubkan yang ada di dalam novel ini, tema yang diangkat sebenarnya sudah sangat umum. Tentang cinta dan kebohongannya. Sehingga, seringkali pembaca bisa menebak kejadian apa yang akan terjadi selanjutnya. Terdapat juga pengulangan konflik yang sama dengan konflik sebelumnya, memberikan kesan bahwa cerita dalam novel ini seperti bertele-tele.
            Penulis memilih menggunakan sudut pandang orang ketiga dalam penulisan novel ini. Ia dengan jelas menuliskan semua nama tokoh-tokoh yang terlibat dalam novel Rain Affair ini. Tak ada bahasa asing atau istilah-istilah yang sulit dipahami, sehingga menjadikan pembaca nyaman dan tidak perlu mengeryitkan dahi saat membaca novel ini.
          Terlepas dari semua hal di atas, novel ini mengajarkan kita untuk tidak memaksakan adanya cinta. Cinta yang sesungguhnya adalah cinta yang tulus dari dalam hati, bukan hanya keterpaksaan dan kebohongan semata. Kisah Lea yang diwarnai pahit dan manis namun cukup sederhana ini, membuat semuanya terlihat menarik untuk membalikkan lembar selanjutnya saat membaca untaian tulisan perasaan yang terangkai dalam novel Rain Affair.

No comments:

Post a Comment