Thursday, February 23, 2012

Semua Ini Hanyalah Dunia

Saudaraku.
Tetapkan diri dalam iman. Kuatkan pegangannya. Sebab bahaya selalu mengintai kita. Ya, tarikan dunia sungguh-sungguh menawan dan mampu menarik kita untuk mengikuti arusnya yang semakin deras. Betapa banyak waktu yang telah kita gunakan untuk kepentingan duniawi, ketimbang kepentingan akhirat.
Tepat sekali sindiran seorang tabiin, Aun bin Abdillah, "Sesungguhnya orang-orang sebelum kami mereka menjadikan dunia sebagai sisa dari kepentingan akhirat mereka, sementara kalian menjadikan akhirat sebagai sisa dari kesibukan dunia kalian."



Saudaraku.
Kenali dan sadarilah bahayanya arus dan tarikan dunia. Insafilah bahwa dunia itu memang penuh badai fitnah yang bisa menghancurkan hidup seseorang. Jika kita terus menerus lalai dari akhirat dan membeli dunia dari mengorbankan akhirat, maka kita sungguh berada dalam bencana dan ancaman bahaya yang sangat besar. Menyeret kepada kemaksiatan yang mungkin menjadi penutup usia yang Allah berikan selama ini. "Ya Allah lindungi kami dari akhir hidup yang buruk.."

Saudaraku.
Lari dari dunia bukanlah meninggalkan dunia secara keseluruhan dan kemudian membiarkannya dikuasai orang-orang penghamba nafsu untuk digunakan semau mereka. Sementara kita memilih miskin dari kaya.
Ya, lari dari dunia itu artinya tidak menjadikan dunia cita-cita akhir dalam hidup. Tidak menempatkan dunia diatas kepentingan akhirat. Tidak menyediakan aktivitas untuk dunia dengan mengabaikan akticitas untuk akhirat. Dunia yang tidak menyibukkan kita dari ibadah kepada Allah SWT. Yang menciptakan kita untuk beribadah.
Maka, jelas-jelas merugilah orang yang menghibahkan hidupnya hanya untuk dunia. Karena belum tentu ia memperoleh kenikmatan yang diingini, tapi ia dijamin dengan kesengsaraan yang tiada terkira. "Ya Allah, jangan jadikan dunia ini sebagai tujuan akhir hidupku.."

▬dari sebuah kertas. dari seseorang.

No comments:

Post a Comment