Monday, May 17, 2010

Okultasi

Hello My dearest reader. Inyiminyi♥♥ (jadi ngikut pevita pearce sama nino RAN gini =_=) hahaha.

Hui taukah kalian bahwa kemarin malam di bumi kita Indonesia tercinta ini, kita bisa melihat fenomena yang jarang terjadi? Yak. Gerhana Venus. Dari kabar internet yang saya dengar, fenomena itu hanya terjadi setiap 50 tahun sekali. Waw lama sekali ya..
Bersyukurlah bagi yang bisa melihatnya.

Sebelum saya kutip penjelasannya, silahkan liat gambar gambar yang saya 'drag' dari kaskus ini :


Ini dari juragan kaskus yang ada di Kalimantan Tengah.


Kalo ini dari juragan kaskus yang ada di Jambi.


Dan yang ini dari juragan kaskus yang ada di Bontang♥.

Jelas banget ya yang di Kalimantan Tengah? Keren ngga sih???? Jarang-jarang ada loh ini. Dan ngga semua negara di dunia bisa lihat. Sekali lagi bersyukurlah bagi yang melihatnya, termasuk saya :P ahahaha.
Okultasi adalah suatu peristiwa yang terjadi ketika satu benda tersembunyi oleh benda lain yang lewat di antara pengamat.
Okultasi Venus adalah saat dimana
planet Venus akan tertutup oleh Bulan. Fenomena ini terjadi pada Ahad, 16 Mei 2010 ini menjelang dan setelah Matahari terbenam di ufuk Barat. Okultasi Venus ini adaah peristiwa yang sangat jarang terjadi, bisa-bisa seumur hidup kita hanya bisa melihatnya sekali.
Sayang, saya tidak bisa mengabadikannya dengan kamera saya sendiri. Maklum, zoom tidak mencukupi TT___TT.
Tapi saya sudah seneng banget bisa lihat peristiwa itu dengan mata saya sendiri xixixi. Yah walaupun ngga dari awal sampe akhir, saya hanya melihat permulaan atau awalnya saja. Menyedihkan memang. Habisnya, lama kelamaan bulannya makin ke 'bawah' dan akhirnya dia ketutup pohon hiks hiks.

Tapi lucu lo kemarin itu, jadi saya keluar habis maghrib gitu ditemanin bapak. Terus kita ngelihat ke arah barat dan ngelihat bulan itu. Aku ngeliat bulan yang berbentuk sabit itu dan diatasnya aku ngelihat cahaya titik kecil terang banget, tapi lebih besar dari bintang. Awalnya aku belum 'ngeh' kalo itu Planet Venus yang terang benderang.

Teruuuss, si titik-kecil-terang-benderang itu lama lama mulai hilang, dan menjadi hitam. Tapi ga lama abis itu aku ngeliat lagi ada.
Dalam hatiku "ih asyiiiiiiiiik aku ngeliat gerhana venus dari awal sampe akhir."
Soalnya ku kirain memang cuman 10 menit-an lah. Tapi ternyata aku salah.
Sialan, TERNYATA YANG MENUTUPI ITU AWAN. Ah so great..
Mana aku udah keburu masuk lagi. Memang sih cuaca waktu itu lagi berawan sekali, yah namanya juga habis hujan. Hahaha.

And this is the thread. Just click it and you'll know more.
Semoga bisa menjadi penghibur bagi yang ngga liat :)

See ya. Keep reading my blog..

No comments:

Post a Comment