Sunday, May 21, 2017

#ceritadoktergigimuda2

Tuh kan, pengen tiap hari cerita dan review semua kejadian yang dialami selama koas di RSGM tapi ngga sempet. Iya, se ngga sempet itu. Karena pagi jam 8 udah berangkat (itu pun sering mepet dan kadang telat) terus sore pulang jam 3, mandi, malem kalo ngga belajar ya tidur.

Singkat cerita, stase Periodonsia Fira selesai di tanggal 12 Mei 2017.
Alhamdulillah sebelum keluar, sudah menyelesaikan requirements dan ujian profesi, kurang bikin laporan asisten operasi aja.

Ada cerita menarik di akhir stase ini.
Waktu itu, Fira belum dapet pasien splinting. Terus karena ngga punya pasien, jadi ikut daftar buat terima pasien dari kamar terima alias pendaftaran. Pagi-pagi Fira udah nulis di kertas dan yakin banget kalo nama Fira di urutan nomer 1.

Ngga lama, kertas antriannya udah mulai keisi. Eh tapi ada yang aneh.
Ada nama lain di atas nama Fira. Padahal inget banget tadi pagi itu ngga ada nama siapa-siapa dan Fira nulis yang pertama! Rasanya cuma bisa ngelus dada, sabar, dan positif thinking aja. Bahkan itu temen Fira 1 kelompok sendiri. Ngga tau yang nulis nama dia siapa disitu, tapi... Yaudahlah ngga usah diperbesar. Kalo rezeki kan ngga ke mana.

Hari itu, alhamdulillah dapet kesempatan buat ikut sholat dzuhur berjamaah dan sempet buat sholat sunnah qobliyah dulu, karena biasanya ngga pernah sempet kalo misalnya ada pasien atau ada diskusi. Ada harapan dan rasa syukur yang tidak seperti biasanya terselip dalam lantunan doa siang itu.

Balik-balik dari mushola, eh dikasih pasien! Ada pasiennya mahasiswa PPDGS (prog. pend. dokter gigi spesialis) minta di scaling (dibersihkan karang giginya). Pas dilakukan pemeriksaan keseluruhan, giginya ngga ada goyang. Setelah scaling selesai, eh kok ada yang goyang!

Karena emang gitu. Biasanya kalo karang giginya tebal itu setelah dibersihkan, giginya bisa jadi goyang, soalnya selama ini istilahnya yang nyangga giginya itu karang giginya gitu. Padahal, keberadaan karang gigi itu ngga baik, makanya karang gigi itu harus segera dibersihkan dengan scaling di dokter gigi karena memang ngga bisa dibersihkan dengan sikat gigi aja, sebelum karang giginya tebal dan merusak gigi sampe bikin goyang..

Intinya. Akhirnya Fira dapet pasien splinting :')
Sementara temen yang namanya mendahului Fira itu, belum dapet rezeki dapat pasien splinting, dan sedikit mengalami masalah di stase perio sampe yaa sedikit hopeless juga, dengan targetnya ngejar pengen ikut ujian profesi pun akhirnya ngga nutut. Tapi alhamdulillah di akhir-akhir dapet pasien juga, walaupun ngga bisa ujian bareng sama Fira dan ujiannya nanti pas semua puteran udah selesai di masa putih.

Pelajarannya adalah semua orang punya waktu nya masing-masing. Semua sudah ditentukan oleh Allah. Tidak boleh menyalahkan siapa-siapa karena semua yang terjadi adalah atas kehendak Allah.
Paling penting : Hargai hak sesama manusia sebaik mungkin dan jangan sikut temen!

Stase Periodonsia done.
Mari memulai hari baru.

Sekarang Fira sudah masuk stase baru dan sudah dapat 1 minggu.

Memulai stase Oral Medicine (Ilmu Penyakit Mulut) di tanggal 15 Mei 2017.
Seminggu masuk sana, kamar kosan berantakan banget, ngga pernah sempet beresin. Kerjaan begadang tapi kok ya ngga mudeng-mudeng kalo belajar. Sedih rasanya.
Apalagi tiap kakak kelas yang tanya kemarin masuk stase apa dan sekarang di mana selalu bilang,
"kamu kok keluar kandang singa masuk kandang harimau, Fir.."

Hopeless euy.
I need to be lucky and cleverness so bad. Isinya emang selalu belajar katanya, tiada hari tanpa penderitaan harus belajar karena selalu diskusi dan pertanyaannya ngga pernah gampang. Tiap majuin pasien harus hafal lesi-lesi non terapi di pasien dan menyebutkan deskripsinya sebanyak 9 poin, lesi non terapinya ada 20.

Istighfar dulu, baru bismillah.

Sekarang nyarinya pasien sariawan gede, atau permasalahan yang berkaitan sama bibir, lidah, dan mukosa pipi. Jadi yang wilayah Surabaya kalo ada yang sariawan langsung bilang Fira, ya!

Wednesday, March 22, 2017

#ceritadoktergigimuda 1

Day 1

Setelah wisuda, banyak banget yang bilang
"Welcome to the Jungle!"

Dulu sih waktu belum masuk, cuma bisa senyam senyum, ngerti sih maksudnya kalo emang susah dan mengerti kalo itu sebuah perumpamaan. Tapi ternyata,
INI BENAR BENAR HUTAN.

Karena rasanya masuk klinik itu kayak masuk hutan, kamu belum tau medannya, terus kamu disuruh bawa peralatan dan bekal, tapi kamu ngga tau cara menggunakan dan kapan digunakannya.
Ngga ada arahan, adanya cuma clue yang tidak jelas.

Baiklah. Jadi ini memang benar-benar hutan.
Bukan perumpamaan.
Kalo ngga usaha dan bertanya, kita ngga akan bisa dan ngga maju.
Kalo ngga belajar, juga ga akan bisa bertahan.

Akhirnya hari pertama selesai hanya dengan mengisi status pasien yang notabene pasiennya adalah temen sendiri karena yang pertama dilakukan saat masuk klinik perio adalah scaling antar teman secara manual..

Kalo kalian tau, manual itu ngga semudah otomatis kan? Sama kayak mobil.
Scaling manual pun perlu tenaga yang lebih kuat dan kesabaran yang tinggi.
Apalagi baru pertama dan masih belajar.

-

Day 2

Mulai mengerjakan pasien teman sendiri.
Berkali kali minta maaf karena sakit dan berdarah.
Juga memohon sabar karena sesungguhnya ini ujian.
Hahahaha.

Tujuannya scaling antar teman ini katanya biar muncul rasa empati ke pasien karena dibersihkan karang giginya itu sakit. Karena menggunakan instrumen yang tajam.

Hari kedua diselesaikan dengan scaling yang belum selesai dan antri panjang menunggu tanda tangan dari dosen untuk ACC logbook dan absen kehadiran.

-

Day 3

Pagi-pagi datang 1 jam sebelum masuk dan kubikel sudah sangat ramai sekali.
Akhirnya terjadi perdebatan untuk mendapatkan kubikel supaya sama rata setiap kelompok baru dan tidak ada yang dirugikan.

Pagi sampe siang gabut karena gantian temen yang ngerjain scaling, eh dia selesai dan dapet TTD dosen enak. Sebenernya kita mau ngejar dosen enak di pagi hari karena siangnya sudah ganti dosen dan.....dosen jaganya cukup kritis :')
Baik sih, baik. Pekerjaannya jadi perfek tapi harus bolak balik minta diperiksa dan jawabannya selalu belum. Yha.

Pada akhirnya, Fira melanjutkan pekerjaan di siang hari dan mint acc dosen jaga siang.
Ngadep pertama, kena tegur yang menyebabkan semua kelompok baru disuruh kumpul. Maafkan Fira teman teman :( but I really thanks to him, karena penjelasannya sangat jelas, karena di hari pertama tidak ada pengarahan seperti itu.

Ngadep kedua disuruh ke senior, dan katanya belum.

Ngadep ketiga ke ppdgs dan jawabannya pun "Bersihin lagi ya yang ini.."

Ngadep keemat ke ppdgs lain, tapi jawabannya "Loh tadi kan ngga sama saya, ke dokter yang itu aja ya"

Ngadep kelima, akhirnya kembali ke pdgs awal dan akhirnya di acc.

Tapi sayang sekali dosen jaganya sudah ngga ada. Oke.
Oke.
Oke.

Baiklah cukup di sini dulu supaya tidak enek melihat tulisannya yg pencitraan.

Selamat tidur dan beristirahat!

Setelah 1 Tahun


Let me first say, alhamdulillahirabbilalamin.
Assalamualaikum, fellas!

Kayaknya nulis di blogspot jadi cuma 1 tahun sekali ya? :")
Anyway, Fira sekarang juga nulis di tumblr, karena dirasa jauh lebih mudah diakses dari hp dan mudah untuk menulis sekedar quotes hehe.

Mari tarik napas terlebih dahulu.